Lagi, Menjelang Paskah Polisi Berlebihan Amankan Gereja

Cathedral Church Jakarta Indonesia 1
Cathedral Church Jakarta Indonesia

[an-najah.net] — Menjelang perayaan Paskah, sedikitnya 4.300 polisi dikerahkan untuk mengamankan gereja-gereja di Jakarta. Pengamanan itu menunjukkan kekhawatiran berlebih pihak kepolisian. Pasalnya, pengamanan tempat-tempat ibadah semacam itu tidak diberlakukan untuk mengamankan tempat ibadah umat Muslim yang merupakan pemeluk agama mayoritas.

Dalam upaya memberikan keamanan, Kamtibmas memberikan pelayanan keamanan dalam perayaan Paskah di Ibu Kota Jakarta. Penjagaan perayaan Umat Nasrani tersebut dimulai sebelum Jum’at (29/3) hingga Minggu (31/3).

“Kita kerahkan 4.300 personel berasal dari Polsek dan Polres sedangkan Polda Metro hanya beck-up saja,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Rikwanto, kepada wartawan, Rabu (27/3).

Pengamanan tersebut, ujarnya, tergantung besar dan jumlah jemaat disuatu gereja. Untuk kereja yang kecil dikerahkan 5 hingga 10 orang personel, sedangkan gereja besar dikerahkan 10 hingga 50 orang. Tergantung besar dan jumlah jemaahnya, imbuhnya.

Katanya Rikwanto lagi, untuk dua gereja menjadi perhatian khusus yakni Gereja Katredal dan Immanuel Jakarta Pusat. Pada dua gereja tersebut akan dilengkapi dengan alat pintu metal ditector.

Pengaman tersebut dimulai dari Jumat (29/3) hingga Minggu (31/3), namun katanya ada yang sudah dimulai sebelum hari-hari perayaaan tersebut. (Anshor/itd)