Jihad Harta, Naungan Perlindungan Allah Dijanjikan

Jihad dengan harta
Jihad dengan harta
Jihad dengan harta
Jihad dengan harta

An-Najah.net – Saya jadi teringat perbekalan para pejuang yang serba minim. Senjata mereka sangat tidak berimbang dengan senjata musuh.

Masih ingat dalam ingatan saya, disaat roket-roket musuh menghantam perkampungan penduduk atau bangunan yang digunakan untuk rumah sakit lapangan, atau saat helikopter-helikopter datang meraung-raung menjatuhkan bom di atas perumahan penduduk.

Tidak banyak yang diperbuat oleh para pejuang selain berdo’a atau sekedar menembakkan senjata anti pesawat rakitan mereka sendiri.

Saya langsung mendengar penuturan langsung dari pengungsi tentang derita yang alami. Bahwa sehari terkadang mereka hanya mampu mendapatkan satu lembar roti dan segelas air minum. Sehingga banyak diantara mereka yang terkena dehidrasi akut. Di sinilah kebutuhan perjuangan harta begitu mendesak.

Jihad Dengan Harta

Sudah saatnya seorang muslim tergugah hatinya untuk membantu mereka. Selain memberikan bantuan kepada muslim tertindas merupakan kewajiban atas muslim, juga agar kelak dihari kiamat, Allah melindungi mereka dari adzab neraka.

Rasulullah saw bersabda

“Siapa yang menolong seorang yang berjihad di jalan Allah swt, atau orang yang terlilit utang karena kesulitan atau budak yang membuat perjanjian dengan tuannya untuk memerdekan dirinya, maka Allah akan melindunginya di bawah naungan-Nya pada hari (kiamat) di saat tidak ada naungan apapun selain naungan Allah swt.” (HR. al-Haitsami)

Semoga semangat jihad harta tumbuh subur di setiap dada umat Islam. Dengan pengorbanan jiwa, raga dan harta benda-lah masyarakat muslim mendapat pertolongan Allah swt. Dengan ini pengorbanan ini juga, pembebasan al-Aqsha, Suriah dan bumi Syam pada umumnya dapat diaraih.

Ditulis : Akram Syahid

Sumber : Majalah An-Najah Edisi 93 Rubrik Tema Utama

Editor : Anwar