Mufti India Keluarkan Fatwa Haram Film India yang Lecehkan Islam

JAIPUR (an-najah.net) – Seorang Mufti dari kota Jaipur, India mengeluarkan fatwa yang menentang film yang menceritakan seputar masalah perceraian dalam Islam. Fatwa dikeluarkan menyusul protes dari umat Islam, lapor media Press Trust of India (PTI).

Amjad Khan, sutradara film tersebut, dari Kolkata, mengatakan pada Senin (5/11/12) bahwa filmnya yang berjudul “Le Gaya Saddam “hanya menyoroti masalah sosial dari perceraian dan tidak menyakiti sentimen apapun.”

Fatwa tersebut dikeluarkan oleh Mufti Abdul Sattar Razvi, mufti dari Ghatgate di ibu kota provinsi Rajasthan, Jaipur pada Sabtu malam (3/11/12) setelah keluhan diterima dari beberapa penduduk setempat yang mengklaim film ini telah memfitnah Islam.

Para pelapor mengatakan, beberapa ” konten yang tidak pantas” ditemukan dalam film ini, dianggap melawan Islam dan penghinaan terhadap agama.

Mufti Abdul Sattar mengatakan fatwa terhadap film itu dirilis pada 2 November disertai dengan Sertifikat dari Dewan Sensor yang dikeluarkan sesuai dengan hukum Islam.

“Keberatan terhadap sebuah film atau konten yang menghina Islam adalah dibenarkan dalam hukum Islam. Saya belum melihat film tapi karena mereka (pelapor) menyebutkan dalam surat mereka bahwa beberapa konten tertentu benar-benar tidak bisa diterima,” katanya.

Amjad mengatakan ia telah menerima ancaman melalui telepon. “Saya tidak pernah menyakiti sentimen siapa pun lewat film ini. Saya telah membuat film ini yang hanya menceritakan bagaimana pengaruh terhadap wanita disebabkan perceraian yang mudah terjadi di dalam masyarakat (muslim).”

“Aku akan meminta polisi untuk memberikan saya perlindungan, yang saya tahu mereka akan menyakiti saya ,”katanya lagi. [fajar]