Musim Dingin, Salju Turun Di Palestina

Salju turun di Palestina
Salju turun di Palestina

Jenin (An-najah.net) – Walau Palestina termasuk ke dalam wilayah Syam, akan tetapi sebagian wilayah di dataran tingginya sering kali tutun salju terutama di musim dingin.

Maka turunnya salju kali ini, mengingatkan, mereka para orang tua generasi pertama Palestina pada peristiwa nakbah yang mereka alami bersamaan dengan turunya salju. Mereka hidup di tenda-tenda penampungan menjadi pengungsi di negerinya sendiri.

Beberapa tahun kemarin terjadi hujan salju yang cukup lebat di wilayah tersebut. Bahkan hampir semua wilayah Palestina diguyur hujan salju, mengingatkan kita pada sejumlah hadits dan peritsiwa.

Menurut sejumlah cerita dari para orang tua, saat mereka bercerita tentang peristiwa Nakbah (penjajahn Zionis ke Israel) tahun Salju atau salju terbesar yang turun di Palestina pada tahun 1950. Dimana seluruh Palestina ditutupi dengan salju, ditengah prahara yang menimpa bangsa Palestina berupa pengusiran pasca penjajahan Zionis tahun 1948.

Tahun 1950 tepatnya antara 2-7 April 1950 salju turun begitu lebatnya, paling besar selama abad dua puluh, selain salju terbesar tahun 1934, namun tak selebat tahun 1950. Setelah itu salju turun lagi pada tahun 1992, namun tak selebat tahun 1950. (Anwar/annajah)