Paska Digempur Tentara Boneka Nigeria, Mujahidin Boko Haram Kumpulkan Kekuatan

Mujahidin Boko Haram di Nigeria
Mujahidin Boko Haram di Nigeria

BORNO (an-najah) – Mujahidin Boko Haram di Nigeria kini sedang mengumpulkan kekuatan. Mereka ingin meneladani aksi Al-Qaidah yang sempat menguasai sebagian besar wilayah Mali.

Boko Haram kini menguasai beberapa wilayah di Negara Bagian Borno. Gubernur Borno Kassim Shetima menyatakan, sebentar lagi Boko Haram akan menguasai seluruh Borno.

Shetima mengungkap hal tersebut di depan pejabat pusat Nigeria. Shetima pergi ke ibu kota untuk meminta intervensi pemerintah pusat.

Tak ayal, mendengar informasi tersebut para pejabat Nigeria yang selama ini menjadi boneka pemerintah AS kalang kabut ketakutan.

“Apa yang diungkap sang gubernur sangat mengerikan. Boko Haram sebentar lagi menguasai Borno dan mereka dapat melakukan apa pun di sana,” ujar salah senator Nigeria, Abdul Ahmed Ningi, seperti dikutip Reuters, Senin (13/5).

Aktivitas mujahidin Boko Haram sempat menurun ketika tentara Nigeria melakukan operasi militer terhadap mereka. Namun mereka ternyata secara diam-diam sedang mengumpulkan kekuatan di wilayah perbatasan yang kurang diawasi pemerintah.

“Selama ini saya kira pemerintah berhasil mengatasi mereka (Boko Haram),” terang Ningi, seperti dilansir dari okezone.

Boko Haram adalah kelompok mujahidin yang dianggap teroris oleh Amerika dan sekutunya. Mereka ingin mengubah Nigeria menjadi negara yang diatur di bawah syariat Islam, sehingga stigma radikal dan ekstrimis kerap dilekatkan kepada kelompok ini.

Kelompok Al-Qaidah merebut sebagian besar wilayah Mali awal tahun lalu. Kekuasan Al Qaeda di Mali mulai pudar setelah Prancis menurunkan pasukannya melakukan agresi militer besar-besaran yang dibantu oleh Eropa dan negara Barat untuk memukul mundur mereka. [fajar/an-najah]

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.