Pejuang FSA Rebut 29 Desa

homs-09

SURIAH – Pejuang Free Syrian Army (FSA) berhasil memukul mundur militer rezim. Kepada  koran saudi Al-Sharq, juru bicara kelompok pejuang FSA mengatakan telah membebaskan 29 desa yang sebelumnya dikuasai rezim. Keberhasilan tersebut merupakan bagian dari operasi militer besar-besaran untuk membuka akses terhadap kotaHoms. Sebagaimana dikutip Al-Sharq rabu (25/09) kemarin, hingga saat ini kotahoms masih dikepung pasukan militer pemerintah.

Hingga kini, baku tembak antara pejuang dengan tentara rezim terus berlangsung. Terutama di bagian selatan kotahoms. Pejuang berhasil menewaskan sejumlah tentara militer, termasuk militan shabiha dan hizbullah lebanon.

Pihak rezim membalas serangan mujahidin dengan menggunakan persenjataan berat. Serangan balasan itu lebih banyak dengan menambakkan roket ke wilayah desa dan perkampungan di selatan Homs tersebut. Rezim militer juga melancarkan serangan udara ke kota Rastan dan Talbiseh. Serangan roket begitu massif, terutama di kota Rastan.

Operasi-operasi tersebut mau tak mau harus dilakukan oleh mujahidin. Pengepungan rezim terhadap kota-kota di suriah menyebabkan krisis bagi warganya. Para warga kesulitan mendapatkan makanan.

Seperti yang dilaporkan aktivis oposisi dari kota Daria. Pengepungan telah terjadi sejak 10 bulan lalu. Praktis tidak ada suplai makanan dari luar yang bisa masuk ke kota. Banyak warga hanya makan sehari sekali, seiring dengan stok makanan yang kian menipis. [an-najah/faris]