Penelitian: 32% Penduduk Dunia Beragama Kristen

pemeluk-kristen(an-najah.net) — Pusat penelitian PEW Amerika mengumumkan hasil penelitiannya terhadap agama-agama di dunia. Menurutnya, jumlah pemeluk agama Kristen mendominasi penduduk di dunia, setelahnya pemeluk agama Islam menjadi jumlah terbanyak ke dua, diikuti oleh mereka yang tidak beragama, Hindu dan Budha.

Menurut pusat penelitian PEW, hampir 84% dari jumlah penduduk dunia mengaku beragama, atau setara 5,8 milyar dari 6,9 milyar jumlah keseluruhan penduduk dunia pada tahun 2010.

Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 2,2 milyar penduduk dunia beragama Kristen (32%), 1,6 milyar jiwa (23%) beragama Islam, 1 milyar jiwa (15%) beragama Hindu, 500 juta jiwa (7%) beragama Budha, 14 juta jiwa beragama Yahudi (0,2%).

Penelitian itu mengambil sample lebih dari 2500 orang dari 230 negara. Dari penelitian itu, 400 juta jiwa mengikuti agama lain (Indian Amerika, penduduk asli Australia dan sebagian penduduk China).

Hasil penelitian juga mengungkap, bahwa 16% dari penduduk dunia (1,1 milyar jiwa) tidak beragama meskipun sebagian besar mereka mengaku memiliki keyakinan spritual.

Dan, 157 negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen serta 48 negara mayoritas penduduknya beragama Islam.

Pemeluk agama Kristen banyak tersebar di Eropa yang jumlahnya mencapai 24%, di Amerika Latin dan Karibia mencapai 24%, di Afrika Selatan mencapai 24%, Amerika dan Brazil serta Meksiko memilii jumlah pemeluk agama Kristen terbanyak.

Adapun pemeluk agama Islam, 62% dari umat Islam tinggal di Asia dan Pasifik. Jumlah terbesar umat Islam berpusat di Indonesia, India dan Pakistan.

Sedangkan Yahudi, 44% orang yahudi tinggal di Amerika Utara dan 1/4 orang-orang Yahudi berpusat di Israel. (Fani)