Pengadilan Mesir Jatuhi Hukuman Mati Kepada 7 Koptik Atas Kasus Film Hina Nabi

Kairo (an-najah.net) — Pengadilan pidana Kairo, Rabu (28/11), menjatuhkan hukuman mati kepada 7 koptik asal Mesir atas kasus film yang menghina Nabi Muhammad saw. Film yang memancing kemarahan umat muslim sedunia itu diproduksi di Amerika Serikat.

Beberapa sumber menyebutkan, ketua pengadilan telah memberikan berkas-berkasnya kepada Mufti, yang mana itu menjadi syarat untuk menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa. Dalam berkas itu disebutkan, pengadilan memberi batas waktu ekskusi mati hingga 29 Januari 2013.

Adapun ketujuh orang terdakwa adalah: Morris Sadek Gerges Abdalshahyd, seorang pengacara dan pendiri nasional Koptik. Murkis Aziz Khalil, presenter agama. Intelektual Abdul Masih Zklma atau lebih dikenal “Esmat Zklma”, koordinator media dari Majelis Nasional Amerika. Elia Basile atau lebih dikenal “Nicholas Basile Nicholas “, memegang gelar Bachelor of Arts, Universitas Kairo, dan Pembawa Acara. Nahid Mahmud Mutawly, seorang dokter yang tinggal di Sydney, Australia. Farid Fawzi Nicholas, memegang gelar Bachelor of Commerce, dan Pendeta Terry Jones, pendeta dari Gereja Dov Injili Florida Amerika.

Majdi Abdul Aziz selaku penuntut mengatakan, “Keputusan ini adalah kemenangan bagi Rasulullah saw dan kaum muslimin di seluruh dunia, serta menjadi obat kemarahan umat Islam.”  (Fani)