Pengepungan Mall Westgate Masih Berlangsung

Polisi Kenya baku tembak dengan militan As-Syabab. (Photo:Tyler Hicks/The New York Times)
Polisi Kenya baku tembak dengan militan As-Syabab. (Photo:Tyler Hicks/The New York Times)

NAIROBI – Setelah empat hari melakukan operasi, pasukan khusus Kenya menyatakan merebut sepenuhnya Mall Westgate, Nairobi dan melumpuhkan militan As-Syabab.

Menteri Dalam Negeri Joseph Ole Lenku mengatakan hampir semua sandera berhasil diselamatkan. Sebagaimana dikutip oleh jpnn.

“Kami sudah menguasai seluruh lantai. Sementara itu, teroris berlari dan bersembunyi di sejumlah toko. Tak ada tempat untuk lari,” kata Joseph.

Namun, bersamaan dengan keluarnya statemen tersebut, tembakan gencar terdengar dari lantai atas mal.  Bersamaan dengan itu, sebuah tweet mengatasnamakan para anggota kelompok militan As-Syabab mengatakan, mereka masih menahan sejumlah sandera dalam penyerangan Westgate.

Sementara itu, juru bicara kelompok penyerang As-Syabab terus mendesak pemerintah Kenya menarik mundur pasukannya dari Somalia. Mereka juga menegaskan akan terus melawan pasukan keamanan Kenya yang dibantu pakar dari Barat dan Israel yang berusaha merangsek masuk dan mematahkan perlawanan mereka.

“Tentara Israel dan Kenya berusaha masuk lewat pintu barat, tapi tidak berhasil,” kata Ali Mohamud Rage, juru bicara As-Syabab, yang dipublikasikan secara online. [an-najah/faris]