Producer Film Penghina Nabi Muhammad Bebas dari Penjara

nakoula-basseley-nakoula

An-Najah – Masih ingat dengan Sam Bacile? Producer sekaligus promotor film “Innocence of Muslims” yang menghina nabi Muhammad tersebut sebentar lagi akan menghirup udara bebas.

Hari kamis (25/09) besok, pria 56 tahun itu akan keluar dari penjara California setelah hampir setahun mendekam di hotel prodeo atas kasus penipuan. Hukuman yang dijalaninya tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan pembuatan film Innocence of Muslims.

Pria yang bernama asli Mark Basseley Youssef menggemparkan dunia setelah membuat film pendek berdurasi 14 menit. Isinya penuh penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan pelecehan terhadap Islam. Kaum Muslimin di seluruh dunia pun berdemonstrasi guna mereaksi aksi pelecehan itu.

Di beberapa tempat, demonstrasi berubah menjadi kerusuhan yang menyebabkan beberapa pendemo tewas. Seperti yang terjadi di Mesir dan Yaman. Bahkan, serangan terhadap kedutaan besar di Benghazi, Libia dipicu oleh protes film tersebut. Dalam serangan tersebut, duta besar Amerika untuk Libia, Chris Stevens tewas ditembak dengan roket.

Pada bulan november 2012, pria bernama lain Nakoula Basseley Nakoula tersebut ditangkap kepolisian atas kasus penipuan bank. Setelah menjalani proses pengadilan, ia divonis setahun penjara oleh pengadilan negara bagian California.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan stasiun TV Fox News pada bulan Juni silam, penganut kristen koptik kelahiran Mesir tersebut berencana melanjutkan kembali membuat film anti Islam pasca bebas dari penjara. Dia juga bangga dengan film karyanya dan akan membuatnya lagi jika ada kesempatan. [an-najah/faris]