Sekjen MUI ; Tidak Dilarang Bahas Politik di Masjid

Anwar-Abbas
Anwar-Abbas

(An-Najah.net ) – Jakarta – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa umat Islam tidak dilarang untuk membahas politik di Masjid. Ia mengatakan bahwa Islam adalah agama yang menjadi petunjuk bagi manusia terhadap seluruh sisi kehidupan.

“Bicara politik di masjid tidak dilarang. Jadi orang boleh saja bicara tentang politik. Islam itu agamanya petunjuk bagi manusia terhadap seluruh sisi kehidupannya. Jadi Islam itu bicara ibadah, ekonomi, politik, kehidupan sosial,” katanya saat ditemui Kiblat.net di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (24/04/2018).

“Apa sih yang ditakutkan pihak-pihak tertentu, kenapa kok ada yang ketakutan,” sambungnya.

Menurutnya, masjid bukan hanya tempat ibadah. Anwar menjelaskan bahwa di masjid, umat Islam bisa mendapatkan pencerahan yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan, termasuk politik.

Namun, ia menegaskan bahwa membicarakan politik tetap harus dengan santun. Tidak dengan menyerang kepribadian seseorang.

“Membicarakan politik di masjid tanpa mempergunjingkan orang, karena itu ghibah, gak boleh. Kalau kita berbicara, hari ini ada kesenjangan ekonomi, gak masalah. Itu fakta,” tukasnya.  (Anwar/annajah/Kiblat)