Suku Ma’rib, Gempur Milisi Syi’ah Hautsi

Suku Ma'rib Perangi Syiah Hautsi di Yaman
Suku Ma’rib Perangi Syiah Hautsi di Yaman

Yaman (an-najah.net) – suku-suku Ma’rib mengumumkan keberhasilan mereka membunuh dan melukai puluhan milisi Syi’ah Houtsi dan tentara pengguling Presiden Saleh, serta menawan enam orang lainnya dalam sebuah pertempuran di daerah Serwah, provinsi Ma’rib, 170 km sebelah timur dari Yaman, Ahad (12/4).

Juru bicara suku Ma’rib Shaikh Saleh al-Anjaf dalam sebuah pernyataannya dengan al-Arabiya.net mengatakan bahwa Brigade 111 dan 112 dan suku-suku di daerah Marib menyerang milisi syi’ah Hutsi dan pengikut Ali Muhammad Saleh. Mereka berhasil membunuh enam dari mereka dan melukai tujuh lainnya.

Juru bicara kabilah Jahf di Ma’rib juga menyatakan bahwa mereka terus mengejar para pengkhianat Houtsi dan pendukung mantan presiden Ali Muhammad Saleh. Dia menegaskan bahwa Suku-suku dari Marib dan suku-suku dari wilayah Saba’ dalam kesiapan tempur penuh dan kesiagaan yang tinggi.

Shaikh Saleh al-Anjaf meminta kepada pasukan Koalisi Arab agar menggempur musuh dimanapun mereka berada. Ia meyakinkan bahwa kemenangan akan segera datang dan keamana akan menyelimuti yaman setelah meeka berhasil membersihkan sisa milisi hautsi dan pendukung Ali Muhammad Saleh.

Sementara di provinsi Shabwa, suku al-Wahidi mampu menguasai Brigade Infanteri 19, setelah mereka berhasil membunuh Komandan Operasi Umum mereka, Mayor Jenderal Khalid al-Khatib dan empat pengawalnya dalam serangan bersenjata pada Sabtu malam (11/4).

Sumber-sumber dari suku al-wahidi menyatakan bahwa mereka mengepung markas Brigade Infanteri 19 yang terletak di daerah Maifa’a selama dua jam. Dalam operasi tersebut mereka berhasil membunuh banyak tentara dan menghancurkan tiga kendaraan lapis baja. (ahsan/annajah).