Tahun Lalu, 2.100 Orang Meninggal Di Penjara Suriah

Korban pembantaian di Suriah
Korban pembantaian di Suriah

Damaskus (An-najah.net)- Setidaknya 2.100 orang meninggal di penjara Suriah tahun lalu dengan tubuh banyak menunjukkan tanda-tanda penyiksaan, sebuah kelompok pemantau melaporkan Jumat (9/1), mengutip keluarga tahanan yang meninggal.

Menurut Organisasi kemanusiaan yang berada di Inggris menjelaskan angka yang sebenarnya jauh lebih tinggi karena laporan di atas hanya berdasar dari keluarga yang telah menerima mayat atau sertifikat kematian dari penjara.

“Para penjaga penjara memberitahu keluarga bahwa tahanan meninggal karena sebab alamiah, seperti serangan jantung,” kata kepala Observatorium Rami Abdulrahman. Para pejabat Suriah tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Penyelidik PBB mengatakan sedang menyelidiki bukti-bukti penyiksaan, pembunuhan dan kelaparan di penjara Suriah dan bahwa kepala cabang intelijen dan fasilitas penahanan berada di daftar tersangka potensial.

Lebih dari 76.000 orang tewas dalam perang tahun 2014, Observatorium mengatakan, dan PBB mengatakan 200.000 tewas sejak konflik dimulai.

Pada bulan Januari 2014, mantan jaksa kejahatan perang yang ditugaskan oleh Qatar mengatakan mereka telah menemukan “bukti jelas” yang menunjukkan penyiksaan sistematis dan pembunuhan 11.000 tahanan di penjara-penjara Suriah dari harta foto disediakan oleh fotografer polisi militer Suriah.(Anwar/annajah)