Tolak RUU Ormas, Massa Muhammadiyah Gelar Shalat Jumat Di Depan DPR

134901_ormascJAKARTA (an-najah) – Meski DPR RI menunda pengesahan Rancangan Undang Undang Organisasi Masyarakat (RUU Ormas). Namun demikian, keluarga besar Ormas Muhammadiyah tetap berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/4).

Pengunjuk rasa datang dari wilayah Jabodetabek. Mereka yang terdiri dari Angkatan Muda Muhammadiyah, kader-kader Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dan anggota Amal Usaha Muhammadiyah menggelar aksi damai menolak pengesahan RUU Ormas. 

Mereka menilai RUU Ormas tak sesuai dengan UUD 1945 terkait kebebasan berpendapat dan berorganisasi. Mereka juga menggelar salat jumat di depan Gedung Parlemen. Aksi mereka menimbulkan kemacetan namun polisi tak mengalihkan lalu lintas.

Dipayungi panas matahari yang menyengat kulit, ratusan anggota Pemuda Muhammadiyah yang memprotes rencana pengesahan RUU Ormas menunaikan salat Jumat berjamaah. Aksi berlangsung damai.

Sedikitnya 200 pendemo duduk di atas aspal yang dilapisi spanduk dan bendera-bendera organisasi di depan gedung DPR di Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2013).

Mereka serius mendengarkan khotbah Jumat dari salah seorang pendemo. Khotbah Jumat disampaikan pendemo itu dari atas mobil yang dilengkapi sound system.

Ada beberapa pendemo melakukan tayamum dan berwudhu dengan air yang dialirkan melalui selang dari balik halaman gedung wakil rakyat itu. Salat Jumat akan diimami oleh Mohammad Nauval Bunggio.

“Kita di Jumat ini, ini adalah ujian bagi kita. Bagaimana kita perjuangkan nasib rakyat agar tidak terkungkung oleh rezim yang ada saat ini. Ujian kita ada lapar, haus dan panas. Begitu juga teman-teman dari Kepolisian. Ini adalah jihad konstitusi kita,” kata sang pendemo.

Pendemo perempuan mayoritas memilih mengisi perut sambil bersantap siang. Arus lalu lintas di depan DPR sedikit tersendat dan padat lantaran tumpahnya pendemo di satu lajur jalan. Puluhan polisi membentuk pagar betis berlapis mengamankan aksi damai ini. [fajar/dbs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.