UNICEF Berikan Bantuan Kepada Anak-Anak Rohingya di Pengungsian

Anak-anak Pengungsi Rohingya
Anak-anak Pengungsi Rohingya

ROHINGYA (an-najah) – Mulai pekan ini, UNICEF memberikan bola,  alat permainan dan alat rekreasi lainnya pasokan ke delapan penampungan yang dikelola Kementerian Pembangunan Sosial dan Keamanan Manusia  Thailand yang saat ini merawat anak-anak Rohingya di Thailand selatan.

Sejumlah 270 anak Rohingya, banyak yang terpisah dari orang tua atau yang datang ke Thailand ditemani oleh orang dewasa, sedang dirawat di sembilan tempat penampungan yang tersebar di delapan provinsi di Selatan Thailand.

Sekitar 70 perempuan Rohingya juga diperbantukan di tempat penampungan tersebut, sementara lebih dari 1.400 Rohingya orang berada dalam fasilitas penahanan imigrasi pemerintah.

Pasokan bantuan UNICEF meliputi bola, bola voli, bulu tangkis dan set peralatan olahraga lainnya, persediaan alat gambar dan seni , mainan dan barang-barang lainnya untuk alat bermain anak-anak. Petugas dari UNICEF membagi-bagikan tas  persediaan pertama pada Senin (11/02) ke penampungan di Songklha yang ditempati sekitar 80 anak Rohingya.

“Bahan-bahan ini akan digunakan untuk membantu memberikan kesempatan bermain dan rekreasi lebih baik untuk anak-anak Rohingya dan anak-anak lain yang tinggal di tempat penampungan ini,” kata Perwakilan UNICEF Thailand, Bijaya Rajbhandari. Beberapa anak telah trauma dengan peristiwa pembantaian muslim di Myanmar, dalam perjalanan laut yang panjang ke Thailand atau dipisahkan dari anggota keluarga, dan pemberian bantuan ini memberi mereka kesempatan untuk bermain yang diharapkan akan membantu meringankan beban stres dan ketakutan mereka.

UNICEF juga mendukung penyediaan layanan kebersihan dan sanitasi di tempat penampungan, dan membantu MSDHS dengan memperkuat pendaftaran dan sistem pelacakan untuk anak-anak dan perempuan Rohingya untuk membantu menyatukan kembali mereka dengan anggota keluarga.

Tempat penampungan lainnya untuk merawat anak  dan wanita Rohingya dan yang disediakan dengan bahan bermain dan rekreasi berada di Pattani, Narathiwat, Trang, Surat Thani, Phangnga, Satun dan provinsi Khiri Khan Phrachuab. [benji/rohingya.org]