Ust. Toni Syarqi, Aktifis Suriah-Palestina: JANGAN PALESTINA CENTRIS!

Team HASI II di Depan Gedung yang Runtuh di Suriah
Team HASI II di Depan Gedung yang Runtuh di Suriah

An-Najah.net- Dalam acara Tebar Cinta untuk Bumi Syam di Semarang (Minggu, 15/9), Ust. Toni Syarqi, relawan kemanusiaan yang pernah terjun ke Palestian dan Suriah, didaulat sebagai moderator.

Pada awal kali memulai tabligh, Ust Toni memulai acara dengan ungkapan yang menggugah semangat peserta,  “Mungkin kita sudah sering hadir dalam kegiatan munashoroh, akan tetapi karena semangat persaudaraan Islam, maka kita terus menerus melakukannya…”, ungkapnya.

Sedangkan Ust. Miqdad salah satu pembicara dalam acara tabligh tersebut, menjelaskan tentang keberkahan Bumi Syam khususnya di Suriah, diantara keberkahannya, “Bahwa kondisi alam di Suriah sangat subur, banyak pepohonan yang tinggi dan juga buah-buahan yang sangat banyak : apel, tin maupun zaitun. Di tengah-tengah suasana penindasan rezim, kesempatan menikmati buah-buahan itu masih ada, bahkan berlimpah”. Hanya saja, “Ketika putra-putri Anda bisa menikmati hak-hanya sebagai anak untuk memperoleh pendidikan, maka, anak-anak Suriah sama sekali tidak bisa menikmatinya”, imbuhnya.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari krisis multidimensi yang terjadi di Suriah, meski memakan korban jiwa dan harta yang sangat luar biasa banyaknya, tetapi setidaknya mereka muslimin di Suriah justru berkesempatan menikmati medan jihad dan tarbiyah. Kondisi yang serba terbatas membuat mereka mengerti akan arti hidup dan mempertahankan keyakinan. Ditambah lagi, dengan kehadiran relawan dari luar negeri mereka seperti dari Indonesia, sebagaimana pernyataan Ust. Miqdad “Anak-anak Suriah mereka sangat senang dengan kedatangan para relawan, bahkan sering terdengar mereka menyanyikan tentang kesukaan Indonesia, meski nyanyian mereka kurang bisa saya pahami tapi ungkapan mereka menunjukkan itu”, papar beliau.

Ada pertanyaan dari salah satu peserta sekaligus himbauan, agar dana yang terkumpul dari kegiatan ini juga bisa disalurkan ke Palestina, mengingat disana juga senantiasa bergolak. Namun, dijawab Ust. Toni yang juga sebagai relawan HASI dengan bijak dan mantap, “Mestinya kita tidak Palestina centris, karena Suriah juga bagian dari negeri Syam. Jangan salah, bahkan kami (HASI-red) juga membantu Rohingnya maupun Palestina. Hanya saja, kami diberi kemudahan lebih oleh Alloh untuk Suriah” tandas relawan yang juga kontributor kiblat.net ini.

                Dalam acara Tebar Cinta Untuk Bumi Syam di semarang ini dihadiri sekitar 200 orang ini, terkumpul dana sebesar Rp.20.382.200 + 1 dirham perak + kalung emas seberat 4 gram, dan 1 buah hp asiafone. (*)