Pemuda Agen Perubahan

Wahai Pemuda Saatnya Berubah

 إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar ra’du : 11)

Saatnya berubah!, akan tetapi yang dimaksud bukan perubahan layaknya Peter Parker menjadi spiderman. Setelah mendapatkan gigitan laba-laba secara tidak segaja. Meskipun esensinya, atau pada dasarnya adalah sama, yaitu perubahan itu dilakukan agar segala sesuatunya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Namun, perubahan yang dimaksud adalah perubahan diri, yaitu perubahan untuk menjadi lebih baik, lebih hebat, lebih mampu, lebih rajin, lebih semangat, lebih cerdas, lebih pandai, lebih kuat, lebih kreatif, lebih inovatif dan lebih dalam hal-hal yang baik lainnya.

Saatnya berubah, karena dunia pun terus berubah. Bahkan, ketika anda belum siap untuk berubah bersamanya. Dari waktu ke waktu dunia terus berubah. Lingkungan berubah, sifat manusia berubah, zaman berubah, semua berubah. Tidak ada yang tidak berubah. Lalu, akankah kita hanya diam?

Dunia terus berubah, tetapi bila kita tetap diam tanpa melakukan perubahan, hanya diam di tempat, maka ketika sudah banyak orang mencetak sejarah dan menjadi pemain penting dalam panggung kehidupan, kita hanya jadi penonton sejarah.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Padahal waktu terus berjalan. Sementara usia kita terus bertambah. Tentu kesempatan kita di dunia ini pun semakin sempit. Bila gajah mati meninggalkan gading, lantas kita mati meninggalkan apa? Ataukah kita cukup puas diri kita terlupakan oleh sejarah dan terkubur bersama waktu?

Padahal, waktu kita sama, 24 jam. Namun, tidak semua orang memiliki penghasilan yang sama, tidak semua orang bisa sukses. Apa yang menyebabkan semua itu.

Karena mereka tidak mau berubah. Mereka merasa tenang dizona nyaman. Mereka berpikir hidup mereka sudah cukup, atau bahkan mereka merasa sia-sia berubah.

Rumus 3 M

Coba kita ingat lagi, rumus 3 M-nya Aa Gym, yaitu mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal kecil, mulailah sekarang juga. Rumus ini sangat populer. Jika kita menafsirkan rumus 3 M ini, sebenarnya Aa Gym menyuruh kita berubah.

Dizaman yang seba canggih ini, kita juga bisa melihat banyaknya perubahan pada teknologi. Televisi menggunakan remote control, silaturahmi tinggal lewat sms, kendaraan siapa membawa kita ke mana pun kita pergi, dan internet siap membantu melayani hidup anda.

Dengan melihat itu, apakah pribadi kita juga berubah? Atau, kita Cuma berubah mengikuti teknologi tersebut?

Perubahan yang saya maksud di sini adalah perubahan pola pikir. Jika anda ingin sukses, maka harus melejitkan potensi diri setinggi mungkin, mengubah minset bahwa anda bisa Insyaallah, mampu melakukan sesuatu dan percaya pada potensi diri untuk mampu melejit setinggi langit. So, sekaranglah saatnya berubah!

Ketika orang lain menjadi pencetak sejarah, maka kita pun juga bisa demikian. Ketika orang lain menjadi pemenang, kita pun juga bisa menjadi pemenang. Ketika orang lain menjadi terbaik di bidangnya, maka kita pun juga menjadi terbaik di bidang kita sendiri.

Mengapa perubahan perubahan pola pikir terlebih dahulu? Karena pikiranlah yang dapat mengubah tindakan anda. Jika selama ini pola pikir kita hanya untuk bersenang-senang atau melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, saatnya berubah!. Saatnya berubah dengan cara mengubah pola pikir dan masuki zona sukses. Ambilah celah cerdas untuk mengolahnya menjadi bermanfaat.

Misalnya, anda memiliki teman dari kalangan menengah ke atas. Mereka bisa diajak bekerja sama dengan menjadi investor untuk mengembangkan usaha anda. Yang pasti, sudah saatnya berubah. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja. So, saatnya berubah!

Saatnya berubah hari ini juga. Maksudnya, harus berani melakukan perubahan atau revolusi dalam diri anda. Buang jauh-jauh rasa malu, ego, takut, atau perasaan lain yang menyebabkan anda tidak bisa berubah menuju masa depan yang lebih baik. Manfaatkan masa muda yang dipenuhi oleh energi untuk meningkatkan potensi diri yang siap berubah untuk meraih sukses.

Rasulullah Saw bersabda :

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR. At Tirmidzi)

Bahkan, Rasulullah Saw pun mengajari kita agar senantiasa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, serta menjadi pribadi yang terbaik dari yang lain. Nabi Muhammad Saw telah mengajarkan bahwa kita seharusnya senantiasa menjadikan hari ini lebih baik daripada hari kemarin, dan hari esok lebih baik daripada hari ini. Change Your Habits, Change Your Life (Ubah  kebiasaan kamu, akan mengubah hidup kamu).

Penulis : Anwar Ihsanuddin S.Pd

Editor : Abu Khalid

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.