Doa Abu Darda Penangkal Bencana Arab Latin Dan Terjemahan

Doa Abu Darda Penangkal Bencana Arab Latin Dan Terjemahan

Doa abu Darda di kalangan umat Muslim terkenal akan khasiatnya untuk penangkal bencana, jadi ada baiknya kita juga selalu mengamalkannya. Agar kita senantiasa di berikan perlindungan oleh Allah SWT dari bencana.

Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi doa tersebut, serta mengenal lebih jauh sosok abu darda melalui kisahnya yang menginspiratif. Maka dari itu simak terus artikel ini sampai selesai ya sobat.

Siapakah Abu Darda? 

Abu Darda merupakan sahabat Rasulullah SAW, beliau merupakan ahli niaga terkenal sebelum masuk islam. Barulah setelah masuk islam ia meninggalkan perniagaannya untuk foukus beribadah serta mempelajari ilmu agama islam.

Diriwayatkan dari Thalq bin Habib, katanya seorang laki-laki menemui Abu Darda dan berkata, “Wahai Abu Darda, rumahmu terbakar.”

“Rumahku tidak akan terbakar, karena Allah tidak akan melakukan itu disebabkan bacaan doa yang kudengar dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Barangsiapa yang membacanya di awal siang, dia tidak akan ditimpa musibah sampai sore. Dan barangsiapa membacanya di akhir siang, maka dia tidak akan tertimpa musibah hingga pagi.”


Riwayat lain dari Ibnu Sunni, seorang lelaki datang kepada Abu Darda’ lalu berkata: ”Wahai Abu Darda’, saya lihat rumah engkau telah terbakar!”

Abu Darda’ menjawab: “Bukan rumahku, kerana aku telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa membaca doa ini (doa di bawah) pada waktu pagi, terhindar dia dari bencana yang mungkin menimpa dirinya, ahli keluarganya dan hartanya. Sekiranya doa ini dibaca pula di waktu petang hari, maka terpeliharalah dari bencana yang mungkin menimpa dirinya, ahli keluarganya dan hartanya di malam hari.” Aku telah membaca doa itu pada waktu pagi hari ini.”

Lalu Abu Darda’ mengajak sahabatnya ke rumahnya untuk menyaksikan peristiwa kebakaran itu. Maka nampak rumah-rumah di sekitar rumah Abu Darda’ sudah habis terbakar semuanya, sedangkan rumah Abu Darda’ masih kekal terpelihara.

Bacaan Doa Abu Darda Arab Latin Dan Terjemahan

Lalu apa doa yang di baca oleh Abu darda yang di ajarkan langsung oleh Rasulullah SAW? Berikut Penulis bagikan lengkap:

Doa Abu Darda Arab

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَاإِلهَ إِلَّا أَنْتَ عَلَيْكَ تَوَكّلْتُ وَأَنْتَ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ مَا شَاءَ اللهُ كَانَ وَمَا لَمْ يَشَأْ لَمْ يَكُنْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ أَعْلَمُ أَنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَأَنَّ اللهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا. اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا إِنَّ رَبِّيْ عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ

Doa Abu Darda Latin

Allahumma Anta Robbi, Laa Ilaha illa Anta. ‘Alaihi Tawakkaltu, Wa Anta Robbul ‘Arsyil-‘Azim. MasyaAllahu KaaNa, Wa Maa Lam Yasha’ Lam Yakun. Laa Haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Azim. A’lamu Annallaha ‘Ala Kulli Syai’in Qodir, Wa Annallaha Kod AhaThoBikulli Syai’in ill-ma. Allahumma Inni ‘Auzubika Min Syarri Nafsi, Wa Man Syarri Kulli Dabbatin Anta Aakhizun Binasiyatiha Inna Robbi Sirotin Mustaqim.

Baca Juga: Doa Istiqomah Dalam Kebaikan  

Doa Abu Darda Terjemahan

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Hanya kepada-Mu aku bertawakal, dan Engkau Tuhan Pemilik Ársy yang agung. Apa saja yang dikehendaki Allah pasti akan terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya pasti tidak akan terjadi. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Aku sadar bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesunggguhnya ilmu Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, dan dari kejahatan segala makhluk yang berada dalam kekuasaan-Mu. Sesungguhnya Tuhanku selalu menunjukkan ke jalan yang lurus.”

Di kalangan ulama ahli ilmu hadis doa dan riwayat abu darda ini berpangkat daif, karena di riwayatkan oleh oleh Ibnu Sunni dan di dalam sanadnya terdapat Al-Aghlab bin Tamim yang dikenal munkar haditsnya.

Namun Menanggapi hal ini, Syaikh bin Baz mengatakan bahwa hadis ini Daif  jika seseorang mengamalkannya dengan mengharapkan Allah subhanahu wa ta’ala memberikan manfaat lewat doa, maka doa ini adalah doa yang baik (zikrun thayyib) yang tidak apa-apa diamalkan. 

Kapan Doa Ini Di Baca?

Setiap doa sebenarnya bagus di baca kapan saja, namun akan lebih baik jika doa abu darda ini sobat baca ketika selesai sholat subuh dan sholat magrib. Niatkan dalam hati meminta perlindungan dari Allah dari segala marabahaya lewat doa ini. Jika pun Sobat mendapat musibah haruslah tetap sabar dan membaca doa ketika terkena musibah.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan doa abu darda yang bisa kami bagikan. Intinya meskipun doa tersebut hadits nya daif  tapi masih bisa boleh kita amalkan dengan niat mengharap manfaat dari doa tersebut.

Semoga apa yang Penulis bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua dan semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Posting Komentar untuk "Doa Abu Darda Penangkal Bencana Arab Latin Dan Terjemahan"