Berapakah Volume Air 2 Qullah Itu? Kamu Wajib Tahu!!!

 

Penjelasan air 2 qullah

Mengetahui ukuran 2 qullah bagi umat muslim merupakan hal penting, karena hal ini erat kaitannya dengan bersuci dalam ilmu fiqih.

Termasuk jika sobat membaca artikel ini dan ingin mengetahuinya berarti sobat memiliki perhatian khusus dan merasa bahwa ini penting. Tanpa mengetahuinya bisa jadi air yang kita gunakan untuk bersuci tidak bisa mensucikan bahkan bisa jadi najis.

Hadis Nabi Tentang Air 2 Qullah

Ukuran 2 qullah bukan hanya datang dari para ulama-ulama ilmu fiqih semata, melainkan langsung datang dari Rasulallah SAW sebagaimana hadits yang di riwayatkan oleh Abdullah bin umar r.a :

ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﻤَﺂﺀُ ﻗُﻠَّﺘَﻴْﻦِ ﻟَﻢْ ﻳَﺤﻤِﻞِ ﺍﻟﺨَﺒَﺚَ، ﻭﻓﻲ ﻟَﻔْﻆٍ : ﻟَﻢْ ﻳَﻨْﺠُﺲْ، ﺃَﺧْﺮَﺟَﻪُ ﺍﻷَﺭْﺑَﻌَﺔُ، ﻭَﺻَﺤَّﺤَﻪُ ﺍﺑْﻦُ ﺧُﺰَﻳْﻤَﺔَ ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻢُ ﻭﺍﺑْﻦُ ﺣِﺒَّﺎﻥَ
Artinya:
"Apabila jumlah air mencapai 2 qullah, tidak membawa kotoran." Dalam lafadz lainnya,"Tidak membuat najis." (HR Arbaah: Abu Daud, Nasai, Tirmizi dan ibnu Mazah)

Dari hadis di atas bisa di simpulkan bahwa Rasulallah SAW menggunakan ukuran qullah untuk volume air pada masanya.

Pada masa 2 abad sesudah jaman Rasulallah para ulama bagdad menggunakan ukuran rithl(bukan liter) untuk volume air namun ternyata ukuran ini berbeda di banyak negara islam misalnya 1 rithl di Bagdad tidak sama dengan ukuran 1 rithl di Mesir.

Alhasil menurut Ulama Baghdad 2 qullah itu 500 rithl sedangkan menurut Ulama Mesir 446 rithl, meskipun berbeda namun mereka sepakat volume 2 qullah itu sama yang memebedakan hanyalah ukuran rithl mereka sendiri.

Lalu berapakah ukuran 2 qullah itu ?

Jika di konversikan kedalam liter, Terdapat perbedaan pendapat di anatara ulama ulama kontemporer mengenai volume 2 qullah:

  • Versi keterangan dalam kitab Fathul Qodir karya KH M Makshum Ali, volume air 2 kulah adalah 174,58 liter
  • Menurut keterangan dalam kitab Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja karya Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Ba ‘Athiyyah Ad-Du’ani, volume air 2 kulah adalah 216 liter.
  • Menurut keterangan dalam kitab At-taqrirot As-Sadidah, volume air 2 kulah adalah 217 liter.
  • Menurut keterangan dalam kitab Al-fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Dr. Wahabah Az-Zuhaili, volume air 2 kulah adalah 270 liter.

Wallohu a’lam.

Perbedaan pendapat di atas merupakan rahamat atau kasih sayang bagi kita orang awam jangan malah pusing. Jadi pilih saja salah satu yang penting jangan kurang dari ukuran pendapat pertama yaitu 174.58 liter.

Kesimpulan

Jadi sudah jelas apabila sobat memiliki air sebanyak 270 liter, sobat tidak perlu khawatir akan kesucian air tersebut meskipun sobat berwudhu langsung di air tersebut maka air tersebut tidak akan jadi air musta'mal atau apabila air tersebut terkena najis maka tidak akan menjadi air mutanajis kecuali air tersebut berubah sifatnya.

Tujuan mengetahui air 2 qullah itu yang paling penting adalah sobat harus mengaplikasikannya di bak mandi yang ada di WC sobat, coba tengok WC di rumah sobat apakah airnya lebih dari 270 liter?

InsyaAllah di artikel selanjutnya akan saya bahas ukuran bak mandi yang ideal sesuai dengan ukuran 2 qullah, untuk kali ini di cukupkan sekian semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berapakah Volume Air 2 Qullah Itu? Kamu Wajib Tahu!!!"